Sabtu, 22 November 2014
 
     
 

CARA MENGHILANGKAN BOPENG BEKAS JERAWAT DIWAJAH

APAKAH BOPENG/SCARS BEKAS JERAWAT BISA DIPERBAIKI 100%?
 
Pertanyaan ini hampir ditanyakan oleh sebagian besar pasien-pasien diklinik. Dengan sangat menyesal saya menjawab: Tidak bisa diperbaiki 100%. Jika ada perawatan dibelahan dunia manapun yang bisa memperbaiki Scars 90 sampai 100%, sudah pasti itu Gombal alias Bohong besar. Apalagi jika scars jerawat dalam bentuk bervariasi. Scars jerawat TIDAK BISA DI PERBAIKI DENGAN HANYA MELAKUKAN 1 MODULITAS (1 Cara saja). Karena type scars jerawat sendiri ada beberapa type dan masing-masing type punya cara sendiri untuk memperbaiki. Bopeng bekas jerawat ini biasa terjadi karena infeksi jerawat yang berulang disuatu tempat dan terjadi peradangan yang cukup parah (biasa pada type acne conglobata dan acne vulgaris Noduler berat) dan penanganan yang terlambat dan salah. Pada saat terjadi jerawat yang cukup parah (terdapat banyak nodul, semacam bisul-bisul ukuran kecil). dengan nanah yang menginfeksi semua wajah kita tidak bisa terlalu banyak (memencet jerawat yang meradang, menggosok, melakukan penguapan dll). Kita hanya perlu meredakan infeksi dan mengendalikan minyakyang berlebih di wajah (Ini seperti kita memutuskan rantai penyebab terjadinya jerawat) jika pun dilakukan tindakan kita bisa menyuntikan pada jerawat yang meradang dengan anti radang atau anti biotik (jika memang perlu). 
 
 
TYPE SCARS/BOPENG BEKAS JERAWAT            CARA MENGATASINYA              

 1. ICE PICK SCARS

Type diameter bagian atas scars yang kecil tetapi cukup dalam

 1. Cross TCA

 2. Dermaroller + PRP

 3. Laser CO2 - Fractional - Erbium    1550 nm

 4. Chemical Peeling kombinasi dengan Dermabrasi

  Dermabrasi bisa menggunakan Dermablader dengan ukuran Gerinda tertentu.

 5. Mikro Dermabrasi (tidak terlalu banyak membantu)

 2.Rolling Scars

 

 

 

 

 

 

 

 

 3. Boxscars

 1. Subsisi (Untuk ukuran yang cukup dalam)

 2. Subsisi +filler PRP

 3. Multiple Puch

 4. Puch excisi/elevasi (scras dengan ukuran tertentu dan dalam)

 5. Laser CO2 -Fractional (3-6 kali)

 6. Dermabrasi

 7. dll

 

Idem dengan Rolling Scars

 
Sebelum kita mengobati scars kita harus memastikan jika acne sudah tenang minimal 3-6 minggu, karena beberapa Tindakan seperti Dermaroler, Chemical peeling, Punch bisa memicu munculnya acne.
Kita harus melakukan beberapa cara (tidak cukup hanya dengan 1 cara saja). Beberapa cara seperti Sof Laser, ILP, Mikrodermabrasi ternyata tidaklah terlalu efektif. Dan jika mau jujur perbaikan scar yang parah dengan berbagai type hasil maksimal sekitar 30-50%. Itu pun sudah cukup baik, jadi jika ada perawatan yang bisa memberikan hasil diatas 70% anda patut mempertanyakannya.   
Frans.X.Hery.Widjaja
Wijaya

 


in : 2010-10-15
 
 
  © Copyright 2010 - design and Hosting@faberhost.com