KENAPA MUKA SAYA BERUNTUSAN DAN HILANG TIMBUL ?

KENAPA MUKA SAYA BERUNTUSAN DAN BAGAIMANA CARA MENGATASINYA?

 

Ini pertanyaan yang umum yang sering ditanyakan, sampai-sampai males juga menjawabnya. Jadi cara yang paling gampang saya jelaskan lewat artikel saja ya he3.

Pasien yang mengeluh mukanya beruntusan penyebabnya bisa banyak, tetapi yang paling sering ya jerawat. Tetapi jenisnya jerawat yang tidak infeksius. Jadi ada jerawat yang terinfeksi ( kemerahan, gatal, meradang, dll) dan ada jerawat yang tidak terinfeksi (pasien hanya merasakan sensasi seperti pasir jika diraba).

Gimana cara memastikan bahwa itu jerawat ( jerawat komedonal) ? Tentu ini tidak perlu memerlukan ilmu tingkat tinggi, kalo cuma buat memastikan saja. Tinggal di ekstraksi kalo keluar berupa nasi, lemak ( maka pasti 99% Komedo alias Jerawat),  Mudah bukan.

Yang harus dipahami Mekanisme terjadinya Jerawat ( komedonal dan infected) . Jika Tidak tau mekanismenya ,   akan sulit mengobatinya dan Tentu pasien akan merasa Jerawatnya kok gak sembuh sembuh. Mekanisme terjadinya secara garis besarnya

1.Aktifitas kelenjar sebacea yg lebih aktif ( Hypersekresi)

2.Epitilisasi kulit yg tdk adekuat alias Penumpukan sel2 kulit dilubang Pori2 atas permukaan epidermis ( Stratum corneum)

3.Reaksi Inflamasi kuman P acne . Kondisi yg membuat Flora normal dikulit ini yg menjadi menginfeksi kulit.

Pengaruh Hormonal , life syle tentu mempengaruhi juga lho.

Jadi cara mengatasinya Ya dengan mengtasi 3 cara itu.

Dan cara Pengobatannya juga gak bisa sepotong2. Gak bisa cuma dikasih Cream topikal saja ada serangkain Therapi. Jaman sudah berubah sehingga mekanisme Penatalaksaaan Acne pun mengalami Transformasi sedemikian lupa.

 

KENAPA KOK JERAWAT MAKIN PARAH SETELAH DIOBATI ?

 

Ada beberapa sebab kenapa Jerawat makin banyak keluar, Bisa karena itu mekanisme

1.Normal yg harus dilalui ( masa Acne Flare up), yg biasanya berlangsung beberapa minggu , kemudian mereda.

2.Tidak cocok pengobatan, Misalnya Base cream obat yg lengket, pemberian sunblok yg berat/komedogenic. Saya lebih suka menunda pemberian sunblock pada beberapa pasien dengan acne meradang, krn kadang justru memperberat.

Ada juga acne komedonal yg terjadi karena pemberian cream yg mengandung Steroid yg diberikan jangka panjang bersama dengan Cream2 Pencerah wajah. Maka saya tidak suka memberikan Cream yg mengandung Steroid ( formula Triluma, Kligman formula) pada pasien cenderung berjerawat. Buat saya menjaga Kulit sehat jauh lebih baik dari pada membuat kulit Putih.

 

KENAPA KOK JERAWAT TIDAK SEMBUH

 

Tentu Kita tidak langsung menjudge pasien dengan gangguan Ovarium ( kista ovarium) ketika mendapati pasien wanita dgn jerawat yg hilang timbul. Sama seperti kita tidak mendiagnosa Kangker otak ketika orang datang dengan keluhan sakit kepala. JANGAN JANGAN PENGOBATANNYA YG TIDAK ADEKUAT. Ada Beberapa hal yg membuat heran banyak dokter di indonesia ,  kenapa Obat oral Isotretinoid (Accutane) yg menjadi andalan pengobatan acne sedang dan berat tidak juga bisa di daftarkan di negeri kita, Padahal Obat dewa ini menyelamatkan banyak Wanita2 yg depresi akibat jerawat yg mengila disemua wajahnya.Obat ini biasa digunakan dinegara tetangga Singapore, malaysia, bangkok dll , dengan menggunakan Resep dokter tentunya.  Bahkan Di Amerika dan Eropa Obat ini menjadi andalan Para Dermatologis. Tentu ini karena Kebijaksaan BPOM yg tidak update dan kurang Paham detail tentang Byk Obat. Pokoknya sedikit saja ada efek samping langsung NO way.

Jadi Butuh waktu yg cukup lama, Pengobatan kombinasi untuk mengatasi problem terjadinya acne komedonal, tentu Life syle anda juga harus bagus.

benang Merahnya : Anda harus benar2 percaya dengan Dokter yg mengobati anda, karena itu yg membuat anda akan konsisten dengan Therapi yg diberikan.

 

Bravo

Frans.Hery widjaja

 

 

 

 

 

Back to Category