RESIKO TARIK BENANG

APA RESIKO DARI TINDAKAN TARIK BENANG ( THREAD LIFT ) ?

 

 

Tanam Benang menjadi begitu Booming dalam beberapa tahun belakangan. Korea adalah Negara yg pertama kali mempopulerkan penggunaan benang berbahan PDO dengan berbagai varian. Walaupun sebelum Korea mempopulerkan Benang PDO, jauh sebelumnya Aptos yg pertama kali memperkenalkan Thread lift sekitar awal th 2000 an. Tetapi Tidak terlalu populer. Begitu Pula Spring Thread (berbahan silicon padat) merupakan the King Of Thread , karena kekuatan benangnya yg tak tertandingi. Hampir semua Skincare dan dokter dengan mudah mengatakan Thread lift , menjanjikan efek lifthing segera dipasang Benang. Padahal itu tidak sepenuhnya benar. Benang PDO Mono ( lurus, tanpa Gerigi)  tidak memiliki efek signifikan memberi efek tarikan, Pembentukan kolagen merupakan alasan yg sering kali di janjikan, tapi cuma pepesan kosong. Pemeriksaan secara jaringan bisa sangat berbeda dengan Hasil sebenarnya.

APAKAH THREAD BENAR BENAR MEMBERIKAN EFEK LIFTING DAN SESUAI DENGAN RESIKONYA ?

Saya sudah melakukan Thread sejak th 2005 , dengan segala jenis  dan bentuk Thread lift. Mulai dari yg berbahan Pylpropilane, Silikon sampai PDO hampir semua jenis merk Thread sudah saya coba. sampai akhirnya dengan jujur saya memberi kesimpulan berdasarkan pengalaman hampir 12 th

CATATAN KAKI SAYA TENTANG TINDAKAN THREAD LIFT

  1. Efek Lifting cuma terjadi pada thread lift dgn jenis COG ( memiliki gerigi). itu pun efeknya tidak sampai 2-3 bulan tidak seperti yg dijanjikan lebih dari 1 th.
  2. Resiko terjadi infeksi  jika dilakukan bukan diruang OK dan dalam kondisi ruangan yg tidak steril. Sering kali tindakan Thead lift dilakukan dalam ruangan tindakan biasa.
  3. Resiko yang paling ditakutkan ABSES , Granulasi, keloid dan terjadi Sikatrik ( bekas bopeng akibat tarikan fibrosis akibat penyembuhan luka infeksi).

 

Dengan kesimpulan akhir sepertinya tidak terlalu worted antara Resiko, harga dan hasil yg didapat. Jadi menurut saya perlu dipertimbangkan jika hendak melakukan Thread lift ( tarik benang). Penyuntikan Filler, Botox,HIFU masih lebih worted

 

APA RESIKO ATAU KOMPLIKASI  YG PALING DITAKUTKAN PADA PEMASANGAN TANAM BENANG ( THREAD LIFT) ?

 

Ini Mungkin Tidak banyak diceritakan dokter, bisa jadi karena jumlah kasusnya tidak terlalu banyak dan jam terbang yg belum terlalu banyak atau bisa juga para Trainer Dokter2 dari Korea yang tidak terlalu terbuka menceritakan resikonya, karena Thread lift tetaplah sebuah Industri dalam jumlah uang yg sangat besar putarannya.

1.Abses-Keloid-Granuloma dan sikatrik resiko yg paling ditakutkan.

Abses pada kulit wajah tentu resikonya lebih tinggi dari pada kulit tubuh lainnya. Benang yg masuk kedalam tubuh selalu dianggap ” BENDA ASING” dan media tumbuhnya bakteri, walaupun selalu di claim Aman , mudah diserap dan digunakan untuk menjahit organ dalam tubuh ( itu claim yg selalu di dengung dengunkan) .

Apa yg terjadi jika terjadi komplikasi ABSES ?

jika terjadi abses, tidak cukup hanya dengan melakukan incisi dan drainase. Abses akan terjadi berulang, karena akan terbentuk lorong2 panjang akibat infeksi disepanjang benang ( pemasangan Thread lift ukuran panjang) , Abses akan terjadi berulang ulang. Tidak banyak dokter  aesthetic yg punya pengalaman mengandle kasus Abses ( mengeluarkan benang, drainase,insisi, kultur, tampon dll) , Biasa dokter bedah yg punya banyak pengalaman. Butuh waktu 6-8 bulan untuk mengatasi komplikasi jika terjadi abses. belum lagi mengatasi gejala sisa berupa SCAR ( atrofi dan Hypertrofi scar).

 

jadi saran saya, PIKIRKAN BERULANG ULANG JIKA ANDA INGIN MELAKUKAN TINDAKAN PASANG BENANG/ THREAD LIFT

 

Frans.Hery widjaja MD

 

 

 

 

 

 

 

Back to Category