MEMANCUNGKAN HIDUNG DENGAN METODE BENANG? BENAR ATAU BOHONG?

APAKAH METODE MEMANCUNGKAN HIDUNG DENGAN BENANG EFEKTIF?

 

Jauh sebelum metode memancungkan hidung dengan tehnologi benang PDO booming , Saya sudah menggunakan sekitar tahun 2011, waktu itu tehnik ini belum masuk ke Indonesia, Bangkok masuk lebih dahulu. Pertama kali tehnik ini diperkenalkan oleh Prof Lee seorang spesialis bedah plastik  dari Korea, Beliau yang mengembangkan tehnik memancungkan hidung dengan menggunakan metode PDO yang kaku dengan menggunakan applicator semacam injected . Produk pertama ini diberi nama “Misko”, produk ini yang menjadi cikal bakal pertama kali sebelum banyak produk sejenis yang menduplikasi. Dan waktu dilakukan pertama kali diperkenalkan di Imcas Singapore banyak menyita perhatian banyak dokter yang bergerak di bidang estetik ( dermatologis, Bedah Plastik, Aesthetic) dan benar-benar menakjubkan hasilnya, hanya dalam waktu tidak sampai 15-20 menit, cuping hidung naik tak berbeda dengan melakukan implant ( Rhinoplasty) melalui tindakan pembedahan. Bukan cuma itu  ada begitu banyak kehebatan dengan tehnik ini yang membuat banyak orang terkagum-kagum. Ini terobosan baru saat itu dan patut di apresiasi. Metode penemuan yang menurut saya cukup luar biasa di tahun itu ( 7-8 tahun yang lalu).

 

MENGAPA METODE INI MULAI DITINGGALKAN SEKARANG?

 

Saya sudah melakukan cukup banyak tindakan jauh sebelum metode ini booming dan pada sayapun berkesempatan di tahun 2014 bertemu dengan Prof Lee di kliniknya di Korea dan kami berdiskusi begitu keras, saya mengungkapkan berbagai keluhan dan apa yang sudah terjadi dan mengatakan bahwa saya tidak lagi mau menggunakan metode ini dengan berbagai alasan.  Walaupun metode ini tetap digunakan oleh beberapa TS dan bahkan banyak TS yang masih mengajarkan tehnik nose lift dengan metode benang sampai hari ini.

Menurut saya metode meninggikan nose tips dengan metode benang PDO sangat tidak efektif alias tidak worth it, hanya efektif meninggikan hidung tidak lebih dari 8 minggu bahkan dengan memasukan lebih dari 17 benang seperti yang dilakukan Prof  Lee saat melakukan demo di Korea saat kami bertemu.

 

Kira-kira ini alasan mengapa metode benang nose lift (Rhinoplasty Thread, dll) tidak lagi efektif :

  1. Hasilnya hanya bertahan 6-8 minggu (tergantung pada tehnik dan jumlah benang yang dimasukan)
  2. Komplikasi sering terjadi, lebih dari 15-20% terjadi kasus komplikasi.
  3. Benang PDO tidak akan kuat menyanggah hidung karena dalam beberapa minggu kekuatan benang PDO saat bereaksi dengan jaringan kulit menjadi lemah alias impoten.
  4. Harga yang terlalu mahal.

Tetapi jika anda ingin sedikit meninggikan batang hidung (bukan meninggikan nose tips) cara ini boleh saja dilakukan.  Jadi Buat yang ingin meninggikan nose tips harus dipikirkan kembali. Dan cara injected Filler lebih efektif dan jika hasilnya ingin permanen dan memuaskan melakukan Rhinoplasty menjadi pilihan yang lebih pasti.

 

Frans.X.Hery Widjaja. MD

 

 

 

 

Back to Category