LASER UNTUK MASALAH PIGMENTASI

Q Switched Nd-Yag

Laser dengan panjang gelombang 1064 dan 532 nm ini adalah laser yang cukup sering digunakan untuk mengatasi masalah pigmentasi. Mudah diabsorsi baik oleh melanin dengan panjang gelombang 1064 yang memungkinkan laser ini bisa menjangkau lapisan lebih dalam tanpa menimbulkan banyak kerusakan lapisan epidermis kulit (Photothermolysis). Laser dapat menginduksi sublethal terhadap melanosnom menjadi fragmentasi (pecah) sehingga berhamburan dalam sitoplasma dan memungkinkan Makrofag melakukan fungsinya. Panjang gelombang 532nm untuk mengatasi berbagai persoalan masalah pigmen di bagian yang lebih superfisial, yang tentu mempunyai efek ablatif yang lebih besar.

Laser banyak di gadang-gadang bisa menyelesaikan permasalahan pigmentasi, dengan begitu banyak uji klinis dan perkembangan kemajuan tehnologi. Harga laser yang sangat tinggi untuk laser yang berkwalitas (dengan banyak arm) membuat laser mau tidak mau menjadi sebuah industri. Tapi sayang laser untuk mengatasi masalah pigmentasi belum bisa memberikan janji yang memuaskan untuk berbagai masalah pigmentasi, terutama Melasma. Karena proses melanogenesis (pembentukan pigmentasi) merupakan sebuah proses yang dinamis (tidak ada laser yang bisa menghentikan proses melanogenesis ini). Beberapa pembicara hebat di forum-forum Internasional berdebat panjang tentang perlu atau tidaknya Laser ini digunakan sebagai golden standard pengobatan pigmentasi disorder. Padahal bapak laser dunia  “Prof Isac Kaplan ” mengatakan jangan gunakan Laser jika tidak perlu, itu pesan yang saya selalu ingat waktu 5 tahun yang lalu mengikuti congres internasional Laser( APALMS) di Taipe.  Penggunakan Laser ablatif juga bukan tanpa efek samping. Rekasi HPI (pembentukan pigment) menjadi momok bagi penggunaan laser untuk kulit Asia yang berwarna. Pengobatan masalah pigmentasi untuk pencerahan dengan menggunakan Laser sifatnya hanya sementara saja. Kulit anda bisa saja cerah setelah dilakukan tindakan laser, tetapi hanya bertahan  beberapa minggu saja. Dan ujung-ujungnya anda harus tetap menggunakan topikal, jadi itu perlu menjadi pertimbangan antara harga dan harapan.

Laser-laser lain seperti Q-switched Ruby dengan panjang gel 694nm, Alexandrite (755), dll juga menjadi modalitas lain. Tetapi untuk saat ini pengobatan Topikal tetap menjadi golden standard pengobatan masalah pigmentasi. Harga yang mahal, hasil yang belum pasti masih menjadi banyak pertimbangan apakah kita masih tetap mengunakan Laser untuk mengatasi masalah Pigmentasi.

 

Frans Hery Widjaja, MD

Back to Category