Bagaimana mengatasi pori-pori yang besar?

Bagaimana sih mengatasi pori-pori yang besar?

Saya sudah melakukan berbagai perawatan tetapi kok tidak ada yang memuaskan !!!

 

Ini pertanyaan dan keluhan yang sering sekali di tanyakan dalam banyak konsultasi. Dan ada begitu banyak penawaran terapi dan produk, tetapi hasilnya sering kali tidak sesuai antara harapan dan janji. Jadi siapa yang disalahkan, apakah klinik yang banyak memberi janji atau harapan pasien yang berlebihan? Saya akan mencoba menerangkan dengan bahasa yang mudah dipahami. Anda harus tau apa penyebab pori-pori membesar, jika tidak cukup paham, sampai kapanpun tidak akan ada pengobatan yang memuaskan.

Pori-pori adalah saluran tempat keluarnya folikel rambut dan kelenjar sebacea (minyak) yang tugasnya membuat kulit kita lembab (tidak kering). Di bagian bawah kulit (dermis) ada kelenjar Sebacea yang memproduksi minyak. pada beberapa orang kelenjar minyak ini sangat aktif (usia remaja, orang dengan genetik tertentu), jadi bagaimana mungkin orang yang sudah dari sononya bertype oily bisa dengan mudah di manipulasi. Tentu bukan perkara mudah untuk memanipulasi. Jadi jangan terlalu percaya jika ada produk yang bisa mengurangi minyak dalam waktu singkat. Biasa pori-pori yang membesar pada pasien muda penyebabnya karena kelenjar minyak yang aktif. Penyebab pori-pori membesar lainnya adalah karena kepadatan kolagen yang berkurang alias karena faktor usia. Jadi penyebab yang berbeda cara mengatasinya juga berbeda.

Pori-pori membesar karena kelenjar minyak yang aktif cara mengatasinya dengan mencoba menekan kelenjar sebacea jangan terlalu aktif (ini bukan perkara mudah) disamping gaya hidup yang perlu diperbaiki, asupan makanan yang sehat, ada beberapa hal yang bisa dilakukan antara lain:

.Memberikan preparat/produk jangan terlalu berminyak, terutama sunblock. Berikan produk water base atau tidak terlalu berminyak, gunakan produk yang Hidrofobic, menekan minyak (as sal, benzol perokside, retinol dll).

. Lakukan peeling dengan kandungan As sal, azelaic acid, retinol secara rutin (home peeling dan cabin peeling)

. Memberikan preparat oral selama 6-8 bulan.

. Memberikan suntikan Bonta A dengan dosis yang sangat kecil.

. Laser Dioda bisa dilakukan, therapi berbasis cahaya.

Untuk pori-pori besar karena kolagen yang menurun bisa melakukan tindakan-tindakan remodeling collagen:

.Mikroneedle (Dermaroller) dengan kombinasi RF, Laser CO2, erbium, RF, Hifu, dll

 

Jadi membuat ukuran pori-pori menjadi kecil dan membuat komedo berkurang bukan perkara mudah bukan. Kuncinya atasi kelenjar minyak baru bisa mengatasi semua masalah tersebut.

 

Frans.X.Hery Widjaja.Md

 

 

 

Back to Category